Friday 1 October 2010

Nasehat Untuk Blogger Pemula (Kaya Saya)

Nasehat untuk blogger pemula
Pilihlah nama yang tepat untuk blog Anda  Share Blog Tulisan saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memberikan sebuah nama yang baik untuk blog kita. Namun sebenarnya “baik” menurut kita belum tentu baik menurut orang lain. Kita harus pandai-pandai memilih kata untuk blog kita agar nama blog kita tersebut memiliki makna yang bagus bagi semua orang dan termasuk diri kita sendiri. Ya, kita akan berbicara tentang Merek atau bahasa gaulnya adalah Brand yang akan diberikan kepada blog kita. Perlu di ingat lagi, “nama blog” berbeda dengan “alamat blog”. Misalnya alamat blog Anda adalah www.mulanjameela.com, Anda bisa saja memberikan nama blog Anda,“Rahasia Jameela” atau “Sesuatu di hatiku” atau mungkin Anda bisa memilih nama-nama blog yang lain. Kelak nama blog yang akan Anda buat akan menempel di pikiran pengunjung blog Anda, sehingga kelak ia akan kembali berkunjung.
Berikut ini adalah panduan dasar tentang Apa yang harus Anda lakukan untuk memberikan sebuah nama pada blog kita. Nama blog ini nantinya bisa Anda tampilkan di halaman depan Blog Anda dapat berupa tulisan atau gambar. Tapi sebelumya, bukannya saya bermaksud mengajari, saya hanya akan memberitahukan kepada Anda apa yang sebaiknya dilakukan. Saya akan menceritakan kepada Anda sekalian, kesalahan-kesalahan saya saat akan memulai blogging dahulu kala, sehingga Anda tidak perlu melewati kesalahan tersebut. Meskipun pada kenyataannya saya tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.  
Pertama, buatlah nama blog yang unik dan mudah di ingat. Apabila Anda ingin menarik perhatian pengunjung blog Anda, Anda harus mencatat hal ini : Bahwa blog-blog terkenal di Amerika memiliki nama-nama yang unik dan menarik.Misalnya nama-nama blog seperti “Black Inspiration” atau “Prince become a King” “Fly Without Wings” atau nama blog lainnya. Pilihlah nama yang membuat curiga pengunjung blog Anda atau setidaknya nama blog yang selalu teringat-ingat di pikiran orang lain. Dan akan lebih baik lagi memilih nama blog yang tidak terlalu panjang, dan yang tidak memusingkan pengunjung blog Anda atau blog-blog yang lain. Anda harus berpikir lebih kreatif. Mintalah bantuan dari sahabat dan keluarga Anda untuk meningkatkan pemikiran Anda agar menjadi lebih kreatif. Pilihlah nama tempat yang menjadi favorit Anda atau kata-kata yang sangat familier dengan kesenangan atau hobi Anda atau nama yang selalu Anda pikirkan sejak dahulu kala. Inti nya, buatlah nama blog yang Anda cintai, sehingga membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Feels like home, yang artinya pilihlah nama blog yang membuat Anda serasa berada di kampung halaman Anda sendiri. Karena hal itu secara tidak langsung akan merangsang kinerja otak kiri Anda (Upsss.. bahasanya terlalu tinggi.) untuk terus bercengkerama ke blog Anda dan kemudian meng-updatenya lebih sering. Kedua, pilihlah nama blog yang dapat tumbuh bersama Anda. Maksudnya adalah, mmmm… jangan membuat nama blog yang mencerminkan kehidupan Anda sekarang. Seperti nama blog “Dua Puluh Satu Tahun Hidupku” atau nama blog “Rambutku Yang Gimbal”.
Bayangkan bagaimana jika bila besok Anda sudah tidak dua puluh satu tahun lagi karena bertambahnya umur dan rambut Anda sudah tidak gimbal lagi dan memutih karena dimakan usia. Kesalahan yang pernah saya alami adalah saya pernah memberi nama blog saya “Terjebak dalam keputusasaan”. Sungguh kasihan ya, karena waktu pertama kali blogging dulu saya sedang mengalami patah hati. (Haha.. semua orang pastinya pernah patah hatikan ?)
Sungguh berbeda dengan keadaan saya sekarang ini dimana sekarang saya telah bangkit dan berbahagia menjadi seorang pria dewasa yang tegar menghadapi situasi sesulit apapun (Upsss.. tulisan ini maksudnya apa sih.) Memang, semua yang terjadi dalam kehidupan kita di masa lalu pasti ada hikmahnya (Upsss.. Malah curhat.) Dan jangan pernah melupakan masa lalu, karena masa lalu adalah bekal untuk melangkah menuju masa depan. (Aaaarrrghh.. Cukup, cukup !!) Kembali ke laptop, lebih baik lagi pilihlah nama blog yang tidak terlalu spesifik dan memiliki skala yang tidak terbatas. Maksudnya adalah nama blog yang matching atau serasi dengan situasi apapun. Misalnya saja nama blog “Permata Surga”. Nama blog ini akan tetap serasi meskipun kedepan lima tahun lagi Anda telah menikah dan memiliki anak atau bahkan telah memiliki cucu. Dan janganlah membuat nama blog yang skalanya terbatas, misalnya nama blog “Ayah Idaman”, karena nama blog ini memiliki batasan tulisan dengan tipe-topik tulisan yang tampak membahas tentang “Ayah” saja. Sama seperti nama blog “Live in Jogja”, karena bila suatu hal nanti Anda harus berpindah rumah bertugas ke luar Jogja maka Anda akan kesulitan menyamakan “Soul” anda dengan nama blog Anda. Saya tidak berkata Anda harus menghindari nama-nama blog yang spesifik, namun sebelum memulainya Anda harus benar-benar menyeleksi nama-nama blog yang membuat hidup Anda lebih nyaman untuk masa depan yang dapat Anda duga. Dengan nama blog yang baik dan mudah di ingat tentu pengunjung suatu saat akan bersilaturahmi kembali mengunjungi blog Anda. Ketiga, pastikan nama blog yang Anda buat mudah diucapkan dan di eja. Mungkin ini agak tidak diperhatikan, tapi jangan menganggap hal ini tidak penting. Pembaca seharusnya dapat dengan mudah mengucap dan mengeja nama blog Anda. Dengan begitu ia akan selalu mengingatnya dan (mungkin) akan mengunjungi kembali Blog Anda di suatu saat nanti. Keempat, belilah nama domain. Janganlah terlalu setia dengan blog gratis Anda seperti Blogspot.com atau WordPress.com yang juga menyediakan ruang hosting secara gratis.
Perlu Anda ketahui, ini sangat penting dan utama, bahwa memiliki nama domain Anda sendiri membuat Anda tampak serius dan Profesianal.
Akan sangat lebih mudah memiliki nama domain saat Anda akan memulai blogging daripada membelinya nanti saat Anda berada ditengah jalan. Tanyalah kepada orang-orang yang telah melakukannya, bahwa berpindah dari domain gratis (WordPress atau Blogspot) ke domain baru yang Anda miliki sendiri adalah seperti sebuah mimpi buruk. Anda harus pergi menuju rumah baru, sementara rumah lama Anda dikunjungi banyak orang. Seperti itulah analoginya. Dan dirumah Anda yang baru itu Anda belum memilki pengunjung satupun. Anda harus membangunnya dari awal lagi. Perlu waktu 3 bulan untuk Anda, agar Google dan mesin pencari yang lain menemukan rumah (blog) Anda yang baru. Dan memerlukan waktu lebih lama lagi untuk menemukan teman-teman baru yang mau mengunjungi rumah Anda yang baru.
Anda bisa mencari domain dot com yang anda inginkan di Godaddy.com. Harganya sekitar 7 sampai 10 dollar untuk 1 tahun. Untuk memesan domain dari GoDaddy, sebelumya harus memiliki account Paypal untuk pembayarannya. Jika Anda belum memiliki account paypal, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti tutorial Apa itu Paypal. Dan sebenarnya Anda bisa mencari tahu bagaimana caranya mendapatkan diskon gratis untuk satu tahun pertama. Tapi tidak akan saya jelaskan di sini. Saran saya, Anda mungkin bisa mencari informasinya di Google.
Untuk membeli nama domain indonesia seperti co.id, mil.id, sch.id atau web.id Anda bisa mengnjungi Pandi.or.id. Dan Tips terakhir untuk topik ini adalah..
Alamat blog Anda (domain Anda) seharusnya “matching” dengan nama Blog Anda. Jadi, kalau nama blog Anda adalah “Pecinta Tamara Blezinsky” maka seharusnya alamat Blog Anda adalah www.PecintaTamaraBlezinsky.com.
Itulah Beberapa Nasihat Untuk Blogger Pemula (Kaya Saya) yang saya KUtip dari Topan web id..
terima KAsih..

2 comments:

Kehidupan Islam Mengatakan...

oke neh,, hehe,, sekalian bales blog walking,,
tapi gan, tuh tergantung orangnya sih,,,

yang penting tetep bisa berkarya dan gag asal jiplak karya,, hehe

sibutiz Mengatakan...

pertama makasih y mbah dh mw blogwalking k blog nya orng go-blogg kya sya..
tp mbah saya pernah bca gini,menurut kbnyakan para master2,para suhu2,para agan2,dan para mbah2 di sana,menjiplak tu sah2 saja asal mencantumkan sumber dari article yg kita ambil,bsa jg kta buat link mereka di postingan kita..
gtu mbah..
hhe hhee...
mf y klo slah,,
mklum lah nmanya jg orng go-blogg...

Tinggalkan Komentar Kawan Di Sini,Makasih....

Tinggalkan Komentar,pasti saya Balaz komentar.
Terima KAsih Dan JAngan Nyepam ya..
Agar komentarnya tidak saya Hapuz,MOhon Maaf Jangan masukan LINK apaPun dalam kotak komentar ini.....
TerimA Kasih..