Sunday, 14 November 2010

Deja Vu

Déjà vu
Selamat pagi kawan blogger….!!!
Waduch,dah lama juga ya saya gak nulis hal baru (sambil ketawa dikit) dan kali ini insya ALLAH saya mau nulis lagi artikel.
Dalam kesempatan kali ini saya akan coba menshare tentang suatu fenomena yang slalu di alami oleh otak kita yaitu Deja vu..
Ya udah Langsung saja ya kawan…
Déjà vu …..!!!
Pernahkah sobat blogger2 semuanya mengalami perasaan pernah melakukan kegiatan yang sama persis sebelumnya,,?
Merasakan sebuah kondisi yang sama persis sebelumnya ?
Melihat atau mendengar hal yang sama sebelumnya..?
(Pasti semua jawabanya pernah ya,)
Hal ini memang terkadang sangat membingungkan karena pada saat itu pula kita tidak mampu mengingat kapan dan dimana pernah melakukan kegiatan tersebut.Hal tersebut seolah2 ada dalam mimpi namunkenapa bias benar2 terjadi. Inilah misteri yang biasa di sebut orang dengan Déjà vu..
Tahukah sobat2 blogger semuanya ternyata 70% Manusia di Bumi pernah merasakan Déjà vu. Jadi fenomena psikologis tersebut adalah hal yang sangat wajar dan bukan merupakan suatu kutukan atau karama sebagaimana banyak di percaya sebagain orang..
Déjà vu berasal dari bahas ferancis yang artinya Pernah Lihat..

Recognition Memory
Recognition Memory adalah sebuah memori dalam otak kita yang menyebabkan kita menyadari bahwa apa yang kita lakukan sekarang,pernah kita lakukan di waktu lampau. Recognition Memory terdiri dari 2 yaitu,Recollection dan Familiarity..

Recollection
Recollection (Mengumpulkan Kembali) adalah fenomena yang biasa terjadi di kehidupan kita yaitu dimana kita bertemu dengan orang dan kita merasa pernah menemuinya di suatu tempat yang pasti.
Contohnya : Kita bertemu orang asing di angkot dalam perjalanan menuju sekolah.saat sampai di school dan masuk kelas.Lalu disana ada guru baru yang sedang memperkenalkan dirinya ,tiba2 kita ingat bahwa kita pernah bertemu hguru tersebut sebelumnya dan ternyata dia adalah orang di angkot tadi.


Familiarity
Familiarity adalah fenomena di mana kita merasa pernah melakukan sesuatu yang sedang kita lakukan sekarang.Namun kita tak tahu kapan kita melakukan itu sebelumnya.
Contohnya : Kita sedang belajar di kelas.Tiba2 muncul guru baru yang belum pernah kita kenal. NAmun, kita merasa pernah bertemu denganya sebelum2 nya. Tapi kita tak tahu kapan dan dimana kita pernah bertemu denganya..

Déjà vu juga terjadi dalam berbagi bentuk..
Ada yang hanya bias mengingat secara samar2 ,ada yang mengingat hanya lokasi kejadian, dan ada pula yang mengingat hal2 secara mendetail.
Secara garis besar,Déjà vu terdiri dari 4 garis besar..
Dan penjelasanya akan saya lanjutin pada postingan selanjutnya…
MAkasih Dan semoga bermanfaat.
Jangan lupa coment nya ya gan untuk artikel Déjà vu ini…!!!

NB : Oya,saya akan menghapus sebagian widget/gadget yang ada di halaman blog ini agar loading dari blog ini nambah cepat,dan artikel ini saya masukan ke dalam label Menarik dan kalo ingin membaca artikel menarik lainya silahkan klik disini.
Terahir saya mohon MAaf jika ada halaman di blogg ini EROR di karenakan ada sebagian artikel yang saya hapuz,alasanya karena artikel tersebut merupakan hasil dari copas tapi saya lupa sumbernya.


TERIMA KASIH...

16 comments:

Fir'aun NgebLoG Mengatakan...

mantab abis dech sheringnya,
makasih bro :d:

Faril Mengatakan...

jiah,,bersambung og..penasaran nih...

donygols Mengatakan...

ditunggu lanjutannya sob.. penasaran nih :c:

Ferdinand Mengatakan...

Klo mimpi abis itu bener2 nyata masuk kategori de javu gak sob?? soalnya aku rada sering tuh hhe... Wah baru tau tentang de javu ini Sob... makasih ya hhe....

Happy blogging n semangat :P

dimas Mengatakan...

sepertinya setiap orang pernah mengalami deja vu
saya pernah mengalami kondisi itu ketika SD hingga pertengahan Smp...namun sekarang jarang mengalaminya lagi,
ketika saya tanya teman pun,dia mengaku pernah mengalaminya..

DenBaGas Mengatakan...

Salam
Artikel kawan menginspirasi nih. Saya baru tau tentang de javu dari sini tp sayang kawan ngga melanjutkan sambungannya..
Mohon disambung yach..

Salam kawan

inova Mengatakan...

waahh.. Déjà vu ya.. sepertinya yg selalu gw alami tu sob..sebelum membuat suatu karya sepertinya hasil karya itu sudah ada di depan mata..sepertinya pernah melihat entah di mana..
masuk kategori Déjà vu kah..?

Entis Sutisna Mengatakan...

@ All : pertama thx 4 coment2 nya..setelah baca2 semua coment dari sobat2 semuanya,apa yang di sebutin di antara sobat2 itu semuanya termasuk DEJA VU...
OK,tunggu lanjutanya y (soalnya kalau sekarang saya lagi malas ngetik)

aciid !!!!!! Mengatakan...

:c: keren kk infona
mksih

Urang Lembur Mengatakan...

Saya sering ngalamin seperti itu, tapi baru tahu sekarang itu namanya deja vu.
Nice Info Kawan, Thanks for ur sharing...
Ditunggu Sambunganya..

Pras Mengatakan...

Bagus gan.......

NgePas Mengatakan...

wah kayakx saya pernah ngalamin tuh..!!!
oy sob dah saya follow dan linkback,, silahkan dicek y.. :D

Asis Sugianto Mengatakan...

Biasa dengar de javu, tapi baru tahu sekarang artinya....

lina@home sweet home Mengatakan...

Yang sering ngalamin deja vu itu suami, saya sih jarang...
Ternyata yang mengalami sampai 70%, banyak juga, berarti sudah menjadi hal yang lazim dong...

Chenk Rahman Mengatakan...

Jadi mengerti tentang deja vu....
nuhun.

Anonymous Mengatakan...

Excellent post. I аbsolutely love this ωеbsіte.

Thanks!

My webpage: online payday loans no credit check
Also visit my blog - Pay Day Loans

Tinggalkan Komentar Kawan Di Sini,Makasih....

Tinggalkan Komentar,pasti saya Balaz komentar.
Terima KAsih Dan JAngan Nyepam ya..
Agar komentarnya tidak saya Hapuz,MOhon Maaf Jangan masukan LINK apaPun dalam kotak komentar ini.....
TerimA Kasih..